Search

Hi! It's me Wana
Nice to see you..

I'm Wana. An INTP-T woman. I'm often thoroughly engaged in my own thoughts. I usually appear to others to be offbeat and unconventional. People may think i am a stereotypical “nerd” who may be shy or withdrawn around people i don’t know well. However, i become talkative and enthusiastic when i meet someone who shares my niche interests.

Assalamu'alaikum Jilbab Syar'i

Dari judulnya  sudah shalihah banget yah, semoga yang nulis bisa kesampaian. Sejujurnya aku belum mengenakan jilbab syar'i. Pagi ini aku kepikiran lagi hal kecil yang pernah beberapa kali diucapkan teman aku. Beberapa kali mereka mengatakan keluhan tentang orang yang berjilbab Syar'i tapi berkelakuan nggak baik. Dan seperti biasanya Wana yang sangat cemen ini cuma bisa diam dan dengerin, instead ngasih mereka masukan aku malah cuma diam macem orang bego yang bisanya ia ia in apa kata mereka.
Aku ngerti sih maksud mereka itu, "kenapa kok  jilbab sama kelakuan nggak selaras, Harusnya kalau udah jilbab syar'i sifatnya nggak kayak gitu dong"

Hi. Memangnya hanya orang yang berjilbab Syar'i yang diwajibkan berakhlak baik? 

Maaf teman aku yang aku cinta, alangkah lebih baiknya kalau kita mendo'akan orang tersebut dibanding nyeritain-nyeritain mereka bukan? Karena siapa yang bisa menjamin kalau kamu beberapa tahun kedepan akan menjadi orang yang beriman?
Mengenai jilbab Syar'i, kita sama sama tahu bahwa berjilbab itu adalah perintah dari Allah SWT. 

Salah satu dalilnya adalah

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka'. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (QS. Al Ahzab (33): 59)

Langsung saja ya, kalau mereka mengenakan jilbab syar'i berarti mereka telah menjalankan perintah Allah untuk menutup auratnya. Bagaimana dengan akhlak mereka? Akhlak adalah perkara lain yang sudah ada hukumnya. Jilbab yang dikenakan memang nggak menutupi kemungkinan untuk sesuatu yang negatif, namun dengan berjilbab akan lebih banyak dampak positif yang kita dapatkan. Akhlak bukan sesuatu yang bisa dihubungkan dengan jilbab panjang.

Akan lebih baik jika kita merasa malu. Menutup aurat dengan baik saja kita belum bisa, ditambah lagi kelakuan buruk yang suka menceritakan aib orang lain :(

Daripada ngatain mereka di belakang alangkah lebih baiknya kalau kita mendo'akan mereka. Karena menurut aku pemikiran seperti menyalahkan akhlak orang yang berjilbab panjang itu bisa mendorong munculnya kalimat seperti "mendingan nggak berjilbab tapi akhlak baik, dibanding berjilbab tapi akhlak nggak baik"


Semenjak kapan nggak berjilbab itu dianggap mendingan? :)



BTW SELAMAT MENYAMBUT BULAN RAMADHANNNNNNN :3

Komentar